Senin, 20 Juni 2011

Belajar Fisika itu Gampang

Diposting oleh Rozaliha di 06.02
Fisika bukanlah pelajaran menakutkan bagi sebagian besar siswa SMP. Alasannya, karena nilai mata pelajaran Fisika tidak berdiri sendiri melainkan tergabung dalam mata pelajaran IPA. Biasanya untuk siswa SMP, tidak bisa mengerjakan Fisika tidak berarti dunia kiamat. Pelajaran Biologi yang akan mengatrol nilai IPA sehingga nilai IPA siswa SMP jarang anjlok. Tapi, bagaimana dengan SMA?

Ketika seorang siswa menaiki kelas 2 SMA dan mengambil jurusan IPA, pelajaran Fisika akan berdiri sendiri. Nilai Fisika SMA bisa saja hancur karena tidak ada sumbangan nilai dari Biologi dan Kimia (masing-masing berdiri sendiri). Padahal, di antara ketiga materi di atas (Fisika, Biologi, Kimia), kebanyakan siswa menganggap Fisika dalah yang terlsulit. Jadi, tak heran jika kemudian banyak yang mengeluh tidak bisa.

Minimnya sarjana Fisika yang menjadi pendidik atau guru Fisika juga merupakan kendala tersendiri sehingga materi tidak dapat tersampaikan dengan baik. Beberapa sekolah swasta memiliki guru Fisika dari jurusan selain Fisika karena susahnya mencari pendidik di bidangnya. Akibatnya, tidak hanya murid yang kesulitan, pengajarnya pun tidak dapat menyampaikan materi dengan baik karena tidak menguasai materi.

Padahal, siswa dituntut bisa lulus UAN dan ujian masuk perguruan tinggi favorit dengan nilai Fisika yang bagus. Kalau sudah begini apa yang harus dilakukan? Berikut tips belajar Fisika dengan mudah agar bisa mencapai target nilai yang ditentukan.


Jangan Terpaku Teori, Berlatihlah!

Yang menjadikan Fisika SMA sulit adalah karena umumnya para pelajar atau pun pendidik memfokuskan diri pada teori dan bukan pada latihan soal. Tidak bisa dipungkiri bahwa teori-teori Fisika sangat susah dipahami, tanpa ada contoh soal yang menyertai teorinya. Itulah sebabnya belajar mengerjakan soal sebanyak-banyaknya membantu siswa memahami teori Fisika secara utuh.

Jadi, peganglah konsep bahwa “berlatih soal membantu memahami teori Fisika dengan baik dan bukan sebaliknya. Karena jika kamu nekad dengan membalik konsep di atas, maka bersiap-siaplah berperang dengan Fisika. Waktu yang kamu butuhkan akan jauh lebih besar dan tingkat stres juga akan meninggi jika kamu fokus mempelajari teori dan melupakan latihan soal.

Menambah Jam Terbang

Nah, jika kamu setuju dengan konsep di atas, langkah berikutnya adalah menambah jam terbang untuk latihan mengerjakan soal-soal Fisika dari buku-buku Fisika. Carilah buku Fisika yang memuat banyak contoh soal disertai penjelasannya, dan dilengkapi dengan latihan soal beserta kuncinya (yang biasanya terletak di halaman paling akhir buku).

Cara ini terbukti ampuh mendongkrak nilai Fisika murid-murid yang dicap pandai. Selain itu, kamu akan semakin dapat memahami teori Fisika dengan lebih baik.

Buku yang Perlu Dipelajari

Belajar dari satu buku saja tidak cukup untuk dapat menguasai materi dengan baik. Jadi, ada baiknya kamu membeli buku bank soal Fisika selain buku diktat Fisika yang diberikan di sekolah

Carilah buku pegangan yang penjelasannya mudah kamu pahami. Tidak dipungkiri kalau beberapa buku Fisika ditulis dengan gaya bahasa yang susah dipahami siswa. Itulah sebabnya mencari buku yang komunikatif dan mudah dipahami merupakan suatu keharusan jika ingin pandai Fisika. Surveilah ke toko buku, dan bacalah sepintas. Perhatikan contoh soal, lalu ukur pemahamanmu saat membacanya. Jika masih sulit, carilah buku yang lain.

Dengan buku pegangan yang berkualitas, pemahaman Fisikamu bertambah baik sehingga target nilai tinggi pun dapat kamu raih dengan mudah.

Sumber : http://www.anneahira.com

1 komentar on "Belajar Fisika itu Gampang"

Mario981 on 8 Desember 2011 pukul 07.16 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar


Got My Cursor @ 123Cursors.com
 

Rozaliha Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal