Minggu, 05 Juli 2015

Psikologi Remaja

Diposting oleh Rozaliha di 20.25


PSIKOLOGI REMAJA
 Book Repot ini Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mandiri
Mata Kuliah: Psikologi Remaja
Dosen Pengampu: Drs. H. Wawan Ahmad Ridwan,

 

Oleh :
Rozaliha (14121110108)

Semester : VI
Kelas : PAI-A





TARBIYAH / PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SYEKH NURJATI CIREBON
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon-Jawa Barat 45132
2015



A.    Identitas Buku
      
Penulis                 : Andi Mappiare
Judul                    : Psikologi Remaja
Penerbit                : Usaha Nasional
Tahun                   : 1982
Tebal                    : 198 halaman



B.     Uraian Isi Buku
Buku Psikologi Remaja ini dialamatkan terutama kepada calon pendidik dan pembimbing, sebagai tambahan, pelengkap, atau pembanding untuk materi yang sudah dimiliki. Selain itu, buku ini juga dapat digunakan oleh mereka yang telah terjun di bidang pendidikan remaja.
Titik tekan materi buku ini adalah memahami pertumbuhan dan perkembangan psikologi remaja. Seluruhnya dirangkum menjadi VIII BAB, yang masing-masing bab membahas secara spesifik pertumbuhan dan perkembangan remaja. Berikut bab-bab yang terdapat dalam buku Psikologi Remaja:
Pada BAB I membahas tentang remaja: kelompok yang perlu difahami.
Pada BAB II membahas rentang usia dan ciri-ciri remaja
Pada BAB III membahas untaian pertumbuhan dan perkembangan remaja awal
Pada BAB IV membahas untaian pertumbuhan dan perkembangan remaja akhir
Pada BAB V  membahas tugas-tugas perkembangan remaja dan pelaksanaannya
Pada BAB VI  membahas kebutuhan-kebutuhan khas remaja
Pada BAB VII membahas penyesuaian-penyesuaian pribadi dan sosial remaja
(khusus dalam kelompok teman sebaya)
Pada BAB VIII membahas kebahagiaan remaja vs remaja bermasalah


BAB I
REMAJA: KELOMPOK YANG PERLU DIPAHAMI
            Remaja”, kata itu mengandung aneka kesan. Ada orang berkata bahwa remaja marupakan kelompok yang biasa saja, tiada beda dengan kelompok manusia lain sementara pihak lain menganggap bahwa remaja adalah kelompok orang-orang yang sering menyusahkan orang-orang tua. Pada pihak lainnya lagi, mengangap bahwa remaja sebagai potnsi manusia yang perlu dimanfaatkan. Tetapi manakala remaja sendiri yang dimintai kesannya maka mereka akan menyatakan yang lain. Mungkin mereka kaan mengatakan bahwa remaja yang mendapat kesan bahwa kelompoknya adalah kelompok minoritas yang punya warna tersendiri, yang punya dunia tersendiri yang sukar dijamah oleh orang-orang tua. Tidak mustahil adanya kesan remaja bahwa kelompoknya adalah kelompok yang bertanggung jawab terhadap bangsa dalam masa depan.
1.      Remaja sebagai potensi manusia
Sejarah telah mencatat, betapa Negara ini telah disusun diatas jerih payah bahkan pengorbanan jiwa beberapa remaja “tempo doeloe”. Dalam kenyataan sekarang remaja banyak berpartisipasi dalam derap roda pembangunan. Tiidak heranlah jika perencana dalam pembangunan Indonesia pelita III meletakan pemuda (yang hamper seluruhnya adalah remaja) sebagai “kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional”.
2.      Usaha-usaha untuk mengerti dan memahami remaja
Pendekatan manapun usaha yang dijalani oleh Pembina (pendidik dan pembimbing), sebelum ataupun bersamaan dengan usaha kongkrit yang dilakukan, sangat perlu adanya pengertian dan pemahaman para pendidik/pembimbing terhadap remaja. Tanpa pengertian dan pemahman dimaksud membuka kemungkinan timbulnya akses-akses yang tidak diharapkan. Satu diantara contoh yang hangat, adalah adanya gejolak emosi tak terkendali dalam kampanye pemilu 1982 yang dikenal sebagai “peristiwa lapangan banteng “ yang kobaran gejolaknya” ditunjang oleh vitalitas, semangat pemuda (sebagian besar remaja) yang tak terkendali. Melihat kenyataan dan contoh diatas, maka adanya pengertian dan pemahaman Pembina (pendidik dan pembimbing) terhadap seluk beluk kejiwaan remaja merupakanhal yang tak dapat ditawar0tawar. Jika kelompok remaja ini dibina, dididik, dan dibimbing mencapai tujuan yang mulia.
3.      Ikhtisar hal-hal yang perlu dimengerti dan dipahami
Diantara seluk beluk remaja yang perlu dimengerti dan dipahami, khususnya yang termuat dalam buku ni adalah:
a.       Rentang usia dan cirri-ciri remaja
b.      Untaian pertumbuhan dan perkembangan remaja awal
c.       Untaian pertumbuhan dan perkembangan remaja akhir
d.      Tugas-tugas perkembangan remaja dan pelaksaannya
e.       Kebutuhan-kebutuhan khas remaja
f.       Penyesuaian-penyesuaian pribadi dan social remaja
g.      Kebahagiaan remaja Vs remaja bermasalah




BAB II
RENTANG USIA DAN CIRI-CIRI REMAJA
Manusia memang unik, yang berakibat tak mudahnya pemberian patokan terhadap beberapa hal yang mengenainya. Masa remaja, sepotong masa dalam kehidupan manusia lebih unik lagi. Sehingga sering terjadi ketaksaan pendapat dalam beberapa hal.
1.      Rentang usia masa remaja
Elizabeth B.Hurlock menulis bahwa jika disbanding berdasarkan bentuk-bentuk perkembangan dan pola-pola perilaku yang Nampak khas bagi usia-usia terntentu, maka rentang kehidupan terdiri atas sebelas masa, yaitu:
a.       Prenatal                             : saat konsepsi sampai lahir
b.      Masa neonates                   : lahir sampai akhir minggu kedua setelah lahir
c.       Masa bayi                          : akhir minggu kedua sampai akhir tahun kedua
d.      Masa kanak-kanak awal    : 2 tahun- 6 tahun
e.       Masa kanak-kanak akhir   : 6 tahun- 10 tahun
f.       Pubertas/ preadolescence  : 10/ 11 tahun- 13/14 tahun
g.      Masa remaja awal              : 13/14 tahun- 17 tahun
h.      Masa remaja akhir             : 17 tahun-21 tahun
i.        Masa dewasa awal                        : 21 tahun- 40 tahun
j.        Masa setengah baya          : 40 tahun-60 tahun
k.      Masa tua                            : 60 tahun- meninggal
2.      Cirri-ciri penting periode pubertas
Kata pubertas berasal dari kata latin, yang berarti usia menjadi orang; suatu periode dalam mana anak dipersiapkan untuk mampu menjadi individu yang dapat melaksanakan tugas biologis berupa melanjutkan keturunanya atau berkembang biak.
Ciri-ciri periode pubertas dikelompokan dalam dua bagian yaitu cirri-ciri utama dan umum, dan cirri-ciri yang erat berasangkutan langsung dengan pertumbuhan dan perkembangan biologis dan psikologis.
a.       Cirri-ciri penting remaja awal
Dalam parohan akhir periode pubertas atau parohan awal masaremaja awal, terdapat gejala-gelaja yang disebut gejala-gejala “negative phase”. Pokok-pokok negative phase adalah Keinginan untuk menyendiri, berkurang kemauan untuk bekerja, kurang koordinasi fungsi-fungsi tubuh, kejemuan, kegelisahan, pertentangan social, penantangan terhadap kewibawaan orang dewasa, kepekaan perasaan, kurang percaya diri, mulai timbul minat terhadap lawan seks, kepekaan perasaan susila, kesukaan berhayal.
b.      Cirri-ciri penting remaja akhir
Ciri-ciri khas pada masa ini adalah Stabilitas mulai timbul dan meningkat, citra diri dan sikap-pandangan yang lebih realistis, mengahadapi masalahnya secara lebih matang, perasaan menjadi lebih tenang.
Perlu dipertegas bahwa cirri-ciri masa remaja akhir yang dikemukakan diatas merupakan cirri-ciri remaja akhir pada umumnya; remaja yang boleh dikatakan tidak mempunyai persoalan serius. Penyimpangan dari hal-hal yang umum itu, sangat mungkin terjadi sebagai akibat dari berbagai ragam pengaruh. Semakin besar kuantitas dan intensitas penyimpangan yang terjadi, maka semakin serius pula masalah yang dihadapi oleh remaja yang bersangkutan. Pengaruh-pengaruh dominan yang menimpa remaja dan dapat membelokan cirri-ciri remaja akhir dari apa yang dikemukakan diatas, diantaranya ialah sitausi dan kondisi lingkungan keluarga dan masyarakat serta lingkungan kelompok teman-teman sepergaulan remaja. Hal lain yang dapat menimpa serius remaja adalah adanya pertentangan-pertentangan yang sering terjadi dalam penilaian diri; antara penilaian oleh dirinya sendiri dengan penilaian diri oleh orang lain di lingkungannya.

BAB III
UNTAIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN REMAJA AWAL
1.      Pertumbuhan dan perkembangan
Crow dan crow berpendapat bahwa pertumbuhan pada umumnya terbatas pengertiannya pada perubahan-perubahan structural dan pisiologis (hal kerja pisik dalam pembentukan seseorang psikologis dari masih berbentuk konsepsional (awal janin) melalui periode-periode pra-natal (belum lahir) dan post-natal (setelah lahir) sapai pada saat dewasa. Sedangkan perkembangan bersangkutan erat dengan baik pertumbuhan maupun potensi-potensi (kemampuan-kemampuan bawaan) dari tingkahlaku yang sensitive (peka) terhadap rangsangan-rangsangan lingkungan.
a.       Baik pertumbuhan maupun perkembangan, keduanya bekerja dalam suatu proses perubahan yang berkenaan dengan aspek-aspek pisik dan psikis individu.
b.      Antara kedua istilah tersenut saling bertumpang tindih satu sama lain
c.       Pertumbuhan, lebih condong pemakaiannya bagi perubahan pisik individu, sedangan perkembangan, lebih condong berkenaan dengan perubahan psikis yang tidak pernah lepas dari pengaruh lingkungan sekitar.
d.      Dari segi hasilnya, hasil pertumbuhan lebih mudah diukur secara langsung, sedngkan hasil perkembangan lebih sukar, sebba hanya melalui pengukuran gejala-gejalanya saja.
2.      Pertumbuhan dan perkembangan pisik (jasmani) remaja awal
Baik remaja pria maupun wanita, dalam masa ini pertumbuhan lebih ke arah memanjang dari pada melebar. Antara dua jenis kelamin yang berbeda, terdapat perbedaan yang mencolok antara keduanya. Bagi laki-laki mulai memperlihatkan penonjolan otot-otot pada dada, lengan, paha, dan betis yang mulai Nampak. Bagia wanita, mulai menunjukan mekar tubuh yang membedakannya dengan tubuh kanak-kanak.
Dalam hal kecepatan pertumbuhan, terutama nampakjelas pada usia 12-14 tahun; dalam mana remaja putrid bertumbuh semakin cepat meninggalkan pertumbuhan ramaja laki-laki. Sebagai akibat keadaan yang demikian ini, maka remaja pria cenderung menjauhi remaja putri sebaya.  
3.      Pertumbuhan kelenjar-kelenjar seks dan perkembangan seksual remaja awal
Pertumbuhan kelenjar-kelenjar seks (gonads) remaja, sesungguhnya meupakan bagian integral dari pertumbuhan dan perkembangan jasmani secara menyeluruh. Kalau pertumbuhan jasmanai yang dikemukakan di muka adalah hal yang Nampak dari luar, maka pertumbuhan kelenjar-kelenjar seks ini merupakan suatu proses yang bekerja didalam.
Perkembangan prilaku seksual yang berhubungan dengan pergaulan social remaja, terasa kuatnya dorongan bagi mereka untuk mendekati lawan jeni, terutama dalam pertengahan dan parohan akhir masa remaja awal. Remaja pria terdorong kuat untuk mendekati remaja putri. Remaja putrid yang seakan memiliki daya magnet “menarik” pria, juga menunjukan prilaku “penyerahan”, bahkan menanggapi pendekatan lawan jenisnya.
Perkembangan perilaku seksual yang lebih bersangkutan dengan diri remaja diantaranya yang sangat menonjol dan penting adalah onani dan mastrubasi. Penting dipahami oleh pendidik dan pembimbing mengenai anggapan sebagian besar ahli tempo dulu, bahwa mastrubasi dapat menyebabkan kelainan pisik dan penyakit psikis. Pendapat para ahli dewasa ini bernada lain, menyangkal sinyalemen diatas. Dalam hal ini R.G Eckert menulis bahwa dengan perkembangan ilmu pengetahuan mengenai penyakit, kelainan jiwa dan lemah mental, lambat laun orang melihat mastrubasi sebagai akibat dan bukan sebagai penyebab.
4.      Pertumbuhan otak dan perkembangan kemampuan piker remaja awal
Dari segi pertumbuhan dan perkembangan otak atau aspek biologisnya, anggapan yang disepakati oleh banyak ahli adalah bahwa berat tak seseorang anak yang berusia dua tahun telah menyamai berat otak orang dewasa, dan keadaan ini belum berhenti bertumbuh. Pertumbuhan otak berjalan secara berirama melaui saat-saat pertumbuhan yang cepat (usia 3-10 tahun, 2-4 tahun, 6-8 tahun, 10-12/13 tahun, 14-16/17 tahun) dan saat-saat pertumbuhan yang lambat.
Menurut Jean Piaget, teori tentang piker perkembangan anak itu ada empat periode yaitu: periode sense motorik (0-2 tahun, periode pra operasional (2-7 tahun), periode operasional kongkret (7-11 tahun), periode operasional formal (11-14 tahun). Dalam periode operasional formal, cirri-ciri berfikir adalah adanya kesanggupan seseorang berfikir secara sistematis dan mencakup logika yang kompleks.
5.      Perkembangan (dan pertumbuhan) sikap, perasaan/emosi, remaja awal.
Sikap, perasaan/emosi seseorang telah ada dan berkembang semenjak ia bergaul dengan lingkungannya. Sikap remaja awal yang berkembang, terutama menonjol dalam sikap social, lebih-lebih sikap social yang berhubungan dengan teman sebaya. Sikap positif remaja awal terhadap teman sebaya berkembang dengan pesat setelah remaja mengenal adanya kepentingan dan kebutuhan yang sama. Sikap solider/ senasib seperjuangan dirasakan dalam kehidupan kelompok yang sengja dibentuk maupun yang berbentuk dengan sendirinya. Simpati dan merasakan perasaan orang lain telah mulai berkembang dalam usia remaja awal. Bentuk-bentuk emosi yang sering Nampak dalam masa remaja awal antara lain adalah marah, malu, takut, cemas (anxiety), cemburu (Jealoucy), iri hati (envy), sedih, gembira, kasih sayang dan ingin tahun.
Kebiasaan remaja menguasai emsosi-emosi yang negative dapat membuat mereka sanggup mengontrol emosi dalam banyak situasi. Kesempurnaan dalam control emosi umumnya dicapai oleh remaja dalam tahapan akhir remaja awal. Penguasaan emosi yang terlatih sehingga mereka (remaja) dapat mengendalikan emosinya dapat mendatangkan kebahagiaan bagi remaja awal. Ini.
6.      Perkembangan minat/cita-cita remaja awal
Bentuk-bentuk minat /cita-cita yang dipunyai remaja awal, snagat beragam bentuknya. Beberapa bentuk minat/cita-cita yang penting dan menonjol dapat dikelompokan dalam minat pribadi dan social, minat terhadap rekreasi, minat terhadap agama, dan minat/cita-cita pendidikan dan jabatan.
7.      Perkembangan pribadi, social, dan moral remaja awal.
Remaja dengan citra dirinya, menilai diri sendiri dan menilai lingkungannya terutama lingkungan social. Misalnya remaja menyadari adanya sifat dan sikap sendiri yang baik dan yang buruk. Dengan kesadarn itu pula remaja menilai sifat dan sikap teman-teman sepergaulannya. Yang kemudian diperbandingkan dengan sifat dan sikap yang dimilikinya.
Dalam masa remaja awal ini seirngkali remjaa menilai dirinya tidak selaras dengan keadaan yang sesungguhnya. Moral sebagai standar yang muncul dari agama dan lingkungan social rema, memberikan konsep-konsep yang baik dan buruk, patut dan tak patut, layak dan tak layak secara mutlak. Terhadap situasi-situasi diagmbarkan diatas, ramja awal mengadakan hubungan atau ikut serta dalam proses yang bekerja didalamnya. Didalam proses itu remaja dituntut mengadaptasikan diri, mengembangkan diri.



BAB IV
UNTAIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
REMAJA AKHIR
1.      Pertumbuhan dan perkembangan
Untaian pertumbuhan dan perkembangan dalam masa remaja akhir merupakan kelanjutannya; dalam amna tergambarkan sifatnya sebagai refleksi cirri-ciri pertumbuhan pertumbuhan dan perkembangan dalam masa remoaja kahir. Salah satu sifat dan cirri penting untaian pertumbuhan dan perkembangan remaja akhir adalah dicapainya keadaan sempurna bagi beberapa aspek pertumbuhan dan perkembangan. Sifat umumnya, secara menyeluruh pertumuhan dan perkembangan menunjukan kesiapan (mengalami kematangan) untuk memasuki masa dewasa awal.
2.      Pertumbuhan dan perkembangan fisik (jasmani) remaja akhir
Menjelang awal remaja akhir, pertumbuhan fisik remaja relative berkurang. Diuangkap oleh Hurlock bahwa pada usia 18 bagi wanita dan usia 20 bagi remaja pria keadaan tinggi badan mengalami pertumbuhan lambat, sehingga penambahan tinggi badan bila terjadi tidak begitu banyak. Hal lain terutama menyangkut “penyempurnaan bentuk tubuh”. Pertumbuhan fisik lain yang menjadi sempurna adalah wajah yang simetris, bentuk bahu yang berimbang dengan pinggul dan anggota badan yang lain. Kaitannya dengan citra diri, keadaan jasmani berimbang dalam masa remaja akhir ini mempunyai pengaruh positif terhadap penilaiannya terhadap diri sendiri.
3.      Pertumbuhan kelenjar-kelenjar seks dan perkembangan seksual remaja kahir
Berakhirnya pertumbuhan kelenjar-kelenjar seks dalam usia-usia 15/17tahun, tidaklah berarti bahwa kegiatan kelenjar0kelenjar tersebut statis. Proses produksi kelenjar-kelenjar seks (gonads) akan tetapi aktif dalam masa remaja akhir ini bahkan sampai masa dewasa dan masa tua. Bagi wanita, akan berakhir produksi hormone tersebut pada saat megalami monopaus (berhenti mestrubasi). Bagi pria berhentinya produksi hormon-hormon seks pada saat apa yang disebut climacteric (berkurangnya kemampuan seksual). Organ-organ seks pada pria menghasilkan sperma, sedangkan pada wanita menghasilkan ovum.
4.      Pertumbuhan otak dan perkembangan kemampuan piker remaja akhir
Bagi remaja akhir diharapkan darpkan dari padanya kemampuan menyusun rencana-rencana, menusun alternative pilihan, membuat perhitungan untung-rugi dalam memilih, serta mengadakan consensus dengan penguasa (misalnya orang tua) sehingga dia dapat menetapkan pilihan-pilihannya. Pilihan-pilihan yang diharapkan oleh remaja akhir adalah antara lain bersangkuan dengan pemilihan jurusan, kelanjutan study, pemilihan jabatanda teman hidup. Kemampuan yang dikemukakan diatas, ini berlaku juga dalam proses berpikir remaja dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya.
5.      Perkembangan (dan ertumbuhan) sikap, perasaan (emosi) remaja akhir
Sikap remaja akhir boleh dikatakan relative stabil. Hal ini berarti bahwa remaja senang atau tidak senang, suka atau tidak suka terhadap sesuatu objek tertentu, dihasilkan oleh pemikirannya sendiri.
Kehidupan perasaan remaja akhir juga umumnya telah tenang. Satu diantara sikap yang kuat dalam masa remaja akhir adalahtertutup terhadap orang dewasa khususnya terhadap pemecahan persoalan-persalan yang dihdapi. Hal ini timbul sebab keinginan mereka untuk menjadi independen serta memecahkan persoalan-persoalannya sendiri.
6.      Perkembangan minat/ cita-cita remaja akhir
Beberapa minat yang berkebang dan dikuatkan dalam masa remaja akhir ini adalah minat terhadap lawan jenis, minat terhadap rekreasi dan pesta, serta minat/cita-cita terhadap pendidikan dan pekerjaan.
Minat remaja akhir terhadap lawan jenis diperkuat. Ini berarti bahwa remaja kahir tidak lagi menampakan pemujaan secara berlebihan terhadap seseorang lawan jenis dan “cinta monyetpun” tidak Nampak lagi.
Bentuk lain jalinan cinta remaja akhir apa yang diistilahkan dengan “going-steady”. Pilihannya telah relative tetap sebagai pasangan pergi bersama; tidak lagi mudah berganti- ganti kecuali jika terjadi persoalan serius diantara pasangan yang bersangkutan.
Minat terhadap rekreasi dan pesta, erat kaitannya dengan minat terhadap lain jenis kelamin. Pesta dan rekreasi bagi remaja akhir ini paa umumnya merupakan forum yang mempertemukannya dengan lawan jenis.
7.      Perkembangan pribadi, social, dan moral remaja akhir
Perkembangan social, demikian pula saling berhubungan dengan perkembangan pribadi dan moral remaja akhir. Pandangan remaja terhadap masyarakat dan kehidupan bersama dalam masyarakat, banyak dipengaruhi oleh kuat atau tidaknya pribadi, citra diri, dan rasa percaya diri. Remja yang memiliki penilaian diri kurang dan hal itu tidak diterimanya (terjadi pada remaja parohan awal), maka remaja akhir ini sering memproyeksikan penolakan diri itu pada keadaan atau tatanan masyarakatnya.
Hal penting dalam perkembangan pribadi, social dan moral remaja akhir yang perlu mendapat perhatian dari pendidik dan pembimbing adalah: (1) masa remaja merupakan masa remaja yang kritis bagi pembentukan kepribadian. (2) penerimaan dan penghargaan secara baik orang-orang sekitar terhadap diri remaja yang bersngkutan dapat menjadi dewasa. (3) kemampuan mengenal diri sendiri disertai dengan adanya usaha memperoleh citra diri yang stabil, mencegah timbulnya tingkah laku yang over kompensasi sekaligus dapat menanamkan miral positif dalam diri remaja akhir.

BAB V
TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA DAN PELAKSANAANNYA
1.      Tugas-tugas perkembangan remaja pada umumnya
a.       Menerima keadaan jasmani
Pada periode pra-remaja (periode pubertas) anak tumbuh demikian cepat mengarahkan pada bentuk orang dewasa. Mereka memiliki gambaran diri seakan-akan sebagai “model” yang dikaguminya. Si puber putrid sering memimpikan wajah cantik secantik bintang film yang diaguminya. Sedangkan si puber pria sering menghayalkan diri sebagaimana pahlawan yang dikaguminya dalam cerita-cerita. Diantara teman-teman sebaya, si puber seringkali membandingkan diri. Mereka umumnya khawatir jika keadaan dirinya tidak sebagus/ seindah/ sekuat “model” yang dikaguminya atau teman-teman sebayanya.
b.      Memperoleh hubungan baru dan lebih matang dengan teman-teman sebaya antara dua jenis kelamin
Para remaja megadakan hubungan social yang terutama ditekankan pada hubungan (relasi) antara dua jenis kelamin; merupakan suatu keajaran remaja saling mencari pasangan. Seorang remaja haruslah mendapat penerimaan dari kelompok sebaya lawan jenis ataupun sama jenis agar dia memperoleh rasa dibutuhkan dan rasa berharga.
c.       Menerima keadaan sesuai jenis kelaminnya dan belajar hidup seperti kaumnya
Dalam masa remaja ini diharpkan mereka menerima keadaan diri sebagai pria atau wanita dengan sifat dan tanggung jawab kaumnya masing-masing. Si remaja pria tentu saja diharapkan bersifat maskulin, sedangkan remaja wanita diharapkan bersifat feminin.
d.      Memperoleh kebebasan emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
Dalam masa remaja, seseorang dituntut untuk tidak lagi mengalami perasaan bergantung pada orangtua maupun orang dewasa lainnya. Pentingnya kebebasan emosi bagi remaja ini, sebab terbukti bahwa remaja yang selalu bergantung secara emosional akan menemui berbagai kesukaran dalam masa dewasa.  
e.       Memperoleh kesanggupan berdiri sendiri dalam hal-hal yang bersangkutan dengan ekonomi/keuangan
Kesanggupan berdiri sendiri dalam hal-hal keuangan merupakan satu diantara tugas remjaa yang penting, mengingat mereka akan kelak hidup sebagai orang dewasa. Remaja diharapkan belajar sedikit demi sedikit utuk terlepas dari bantuan ekonomis orang tua dengan mendapat pekerjaan (jangka pendek) dan mempersiapkan diri untuk memasuki lapangan kerja tetap pada masa depan (jangka panjang)
f.       Mendapat perangkat nilai-nilai hidup dan falsafah hidup
Remaja memerlukan perangkat nilai dan falsafah hidup. Jika remaja tidak memiliki falsafah hidup (terutama yang di terapkan dalam perbuatan) maka mereka tidak memiliki “kemudi” atau kendali dalam hidupnya, yang dapat membuat hidupnya, yang dapat membuatya tidak memiliki kepastian diri. Remaja yang demikian itu akan mudah bingung terombang ambing oleh situasi hidup yang dimikian cepat berubah; yang kemudian menjadikannya manusiayangbtidak berbahagia.
2.      Tugas-tugas perkembangan remaja awal
a.       Memiliki kemampuan mengontrol diri seperti orang dewasa
b.      Memperoleh kebebasan
c.       Bergaul dengan teman lawan jenis
d.      Mengembangkan keterampilan-keterampilan baru
e.       Memiliki citra diri yang realistis
3.      Pelaksanaan tugas-tugas perkembangan remaja
Dalam bagian ini dikemukakan pelaksanaan tugas-tugas perkembangan yang khusus bersangkutan dengan:
a.       Pentingnya kelancaran pelaksanaan tugas-tugas perkembangan
b.      Factor-faktor yang mempengaruhi pelaksnaan tugas-tugas perkembangan
c.       Beberapa variasi dalam pelaksanaan tugas-tugas perkembangan
4.      Variasi dalam pelaksanaan tugas-tugas perkembangan
Variasi dalam perlaksanaan tugas-tugas perkembangan remaja akan menjadi penting diketahui jika variasi-variasi yang ada dapat dilihat sebagai bahan pertimbangan untuk menafsirkan pelaksanaan tugas-tugas perkembangan remaja. Dengan adanya bahan pertimbangan dimaksud akan menimbulkan kehati-hatian seorang pendidik ata pembimbing, sehingga tidak cepat-cepat menilai dan menentukan keadaanseorang remaja sebagai orang yag terhambat atau ancar melaksanakan tugas-tugas perkembangan.
5.      Tugas-tugas perkembangan dan pelaksanaannya dalam strata kelas-sosial
Factor-faktor yang digunakan utuk melihat cirri-ciri kelas social tentu pada umumnya adalah: tingkat ekonomi/keuangan, tingkah laku, tempat tinggal, dan lingkungan yang meliputi rumah, peralatan, serta lambing-lambang lainnya. Tugas-tugas perkembangan remaja dalam tiap tingkat kelas social sebagai berikut:
a.       Mencapai hubungan yang lebih matang dengan seorang lawan jenis kelamin
b.      Belajar menerima peranan darinya sebagai pria atau wanita
c.       Memanfaatkan keadaan fisiknya secara cocok dan mendayagunakannya sebagai modal kerja pisis (aktiva dan passive)
d.      Mencapai kebebasan dengan mengurangi kebergantungan pada orang dewasa
e.       Mengembangkan kepercayaan dalam kemampuan diri untuk berdiri sendiri dalam hal keuangan
f.       Merencanakan dan mempersiapkan diri untuk memasuki suatu lapangan kerja pada masa depan
g.      Menerapkan sikap-sikap dan memeproleh pengalaman yang diperlukan sebagai persiapan perkawinan dan hidup berkeluarga
h.      Mengembangkan keterampilan-keterampilan dan konsep-konsep yang diperlukan untuk perpartisipasi dalam hidup kenegaraan
i.        Menyusun dasar-dasar untuk dapat bertingkahlaku yang dapat dipertanggungjawabkan secara social
j.        Memeproleh nilai-nilai dan sikap-sikap sebagai pedoman bertingkahlaku yang dapat diterima dan produktif

BAB VI
KEBUTUHAN-KEBUTUHAN KHAS REMAJA
1.      Kebutuhan secara umum
a.        Semua pemuda butuh akan pengembangan keterampilan utuk bekerja (menghasilkan uang)
b.      Semua pemuda butuh untuk berkembang dan memelihara kesehatan dan kesegaran fisik
c.       Semua pemuda butuh untuk mengerti tentang hak-hak kewajiban warganegara dalam masyarakat demokratis
d.      Semua pemuda butuh untuk mengerti arti (pentingnya) keluarga bagi individu dan masyarakat
e.       Semua pemuda butuh untuk mengerti bagaimana memperoleh dan menggunakan barang serta mengerti bagaimana pemeliharaannya secara baik
f.       Semua pemuda butuh untuk mengerti pengaruh (peranan) ilmu pengetahuan bagi hidup manusia.
g.      Semua pemuda butuh memiliki oeresapan makna (appresiasi) atau penghargaan terhadap seni, music dan keindahan alam
h.      Semua pemuda butuh untuk bias mneggunakan waktu luang mereka dengan baik
i.        Semua pemuda butuh mengembangkan rasa hormat terhadap individu lain
j.        Semua pemuda butuh tumbuh dalam kemampuan untuk berfikir secara rasional
2.      Kebutuhan-kebutuhan khas remaja
Garrison perah mencatat 7 kebutuhan khas remaja, diantaranya ialah:
a.       Kebutuhan akan kasih saying. Terlihat adanya sejak masa yag lebih muda dan menunjukan berbagai cara perwujudan selama masa remaja.
b.      Kebutuhan akan keikutsertaan dan diterima dalam kelompok merupakan hal yang sangat penting sejak remaja melepaskan diri dari keterikatan keluarga dan berusaha memantapkan hubungan-hubungan dengan teman lawan jenis.
c.       Kebutuhan untuk berdiri sendiri yang dimulai jejak usia muda (remaja awal), menjadi sangat penting selama masa remaja; manakala remaja dituntut untuk membuat berbagai pilihan dan mengambil keputusan.
d.      Kebutuhan untuk berprestasi menjadi sangat penting dan pasti seirama dengan pertumbuhannya secara individual mengarah pada kematangan atau kedewasaan.
e.       Kebutuhan akan pengakuan dari orang lainsangat peting, sejak mereka bergantung dalam hubungan-hubungan teman sebaya dan penerimaan teman sebaya.
f.       Kebutuhan untuk dihargai dirasakannya berdasarkan pandangan atau ukurannya sendiri yang menurutnya pantas bagi dirinya (sesuai dengan kenyataan) dan menjadi bertambah penting seirama dengan pertambahan kematangan.
g.      Kebutuhan memperoleh falsafah hidup yang utuh terutama Nampak dengan bertambahnya kematangan (kedewasaan). Untuk mendapatkan ketetapan dan kepastian, remjaa memerlukan beberapa petunjukan yang akan memberikan dasar dan ukuran dalam membuat keputusan-keputusan.


BAB VII
PENYESUAIAN-PENYESUAIAN PRIBADI DAN SOSIAL REMAJA
(khusus dalam kelompok teman sebaya)
Penyesuaian pribadi dan social secara umum, dalam artintanpa pembatasan kelompok social, terutama bagi masyarakat yang cepat berubah, merupakan hal yang snagat penting. Para ahli psikologi sepakat bahwa terdapat kelompok-kelompok yang terbentuk dalam masa remaja. Kelompok-kelompok tersebut adalah:
1.      Kelompok Chums (sahabat karib)
Chums yaitu kelompok dalammana remaja bersahabat karib dengan ikatan persahabatan yang snagat kuat. Anggota kelompok biasanya terdiri dari 2-3 remaja dengan jenis kelamin yang smaa., memiliki minat, kemampuan, dan kemauan-kemauan yang mirip.beberap kemiripan itu membuat mereka sangat akrab, walaupun kadang-kadang terjadi juga perselisihan, tetapi dengan mudah mereka lupakan, seperti halnya teman sekamar.
2.      Kelompok Cliques (kelompok sahabat)
Cliques biasanya terdiri dari 4-5 remjaa yang memiliki minat, kemampuan dan kemauan-kemauan yang sama. Cliques biasanya terjadi dari penyatuan dua pasang sahabat karib atau dua Chums yang terjadi pada tahun-tahun pertama masa remaja awal. Dalam Cliques inilah remaja pada mula-mulanya banyak melakukan kegiatan-kegiatan bersama, menonton bersama, rekreasi, pesta, saling menelpon, dan sebagainya.
3.      Kelompok Crowds (kelompok banyak remaja)
Crowds biasanya terdiri dari banyak remaja, lebih besar disbanding Cliques. Kerena banyak kelompok, maka jarak emosi antara anggota juga agak renggang. Kalau ditinjau dari proses terbentuknya, biasanya dari Chums enjadi Cliques dan dari sini tercipta Crowds. Dengan demikian terdapat jenis kelamin berbeda serta terdapat keragaman kemampuan, minat dan kemauan diantara para anggota Crowds. Hal yang sama dimiliki mereka adalah rasa takut diabaikan atau tidak diterima oleh teman-teman dalam Crowds-nya.
4.      Kelompok yang diorganisir
Kelompok yang diorganisir merupakan kelompok yang sengaja dibentuk dan diorgansir oleh orang dewsa yang biasanya melalui lembaga-lembaga tertentu, misalnya sekolah dan yayasan-yayasan keagamaan. Umumnya, kelompok ini timbul atas dasar kesadaran orang dewasa bahwa orang remaja sangat membutuhkan penyesuaian pribadi social, epnerimaan dan ikut serta dalam suatu kelompok-kelompok.
5.      Kelompok gangs
Gangs merupakan kelompok yang terbentuk dengan sendirinya yang pada umumnya merupakan akibat pelarian dari empat jenis kelompok tersebut diatas. Mereka belajar memahami teman-teman mereka dan peraturan-peraturan yang ada. Ada remjaa yang gagal dalam memenuhi kebutuhan tersebut, yang antara lain disebabkan ditolak oleh teman sepergaulannya, atau tidak bias menyesuaikan diri dalam kelompok tersebut. Remaja-remaja yang tidak puas ini melarikan diri dan membentuk kelompok sendiri yang dikenal dengan gangs. Anggota gangs dapat berlainnan jenis kelamin dan dapat pula sama. Kebanyakan remaja gangs itu menghabiskan waktu menganggur dan kadang-kadang mengganggu remaja lain dalam kelompok tersebut terdahulu, yang sering disebabkan balas dendam yang kurang disadari.


  
BAB VIII
KEBAHAGIAAN REMAJA Vs REMAJA BERMASALAH

1.      Kebahagiaan remaja
Keadaan remaja yang berbahagia dan keadaan remaja yang bermasalah adalah dua titik ekstrim yag dapat terjadi selama proses pertumbuhan dan perkembangan dalam masa remaja.
Dilihat intensitasnya, kebahagiaan dalam masa remaja dapat digolongkan dalam kehidupan sehari-hari. Kebahagiaan tersebut ialah:
a.        Kebahagiaan sesaat
b.      Kebahagiaan taraf menengah
Kebahagiaan dalam taraf ini bersangkutan dengan diri dan apa yang dimiliki individu. Ada atau tidk adanya kebahagaiaan ini banyak bergantung pada sikap menerima/ menolak seesorang remaja terhadap diri dan miliknya.
c.       Kebahagiaan taraf yang relative tetap atau konsisten
Kebahagiaan dalam taraf ini merupakan taraf yang tertinggi yang dapat dicapai seseorang (dari segi psikologis). Kebahagiaan taraf ini lebih merupakan hasil dari proses pertumbuhan dan perkembangan seseorang dalam mana dicapainya pertumbuhan dan perkembangan yang prima, artinya hasil dari keadaan-keadaan positif yang dicapai dalam untaian pertumbuhan dan perkembangan dalam masa remaja.
Jadi, kebahagiaan konstan yang dicapai seseorang adalah hasil dari dapatnya seesorang menyesuaikan diri dengan dirinya sendiri, lingkungannya dan Tuhannya sebagai hasil pertumbuhan dan perkembangan dalam masa remaja.

2.      Remaja bermasalah
Rentangan bermasalah apat digambarkan dalam tinjauan pembagaian masalah menurut intensitasnyya, dalam pembagiannya terdiri dari:
a.       Tingkah laku bermasalah wajar
Arti tingkah laku bermasalah wajar adalah tingkah laku yang secara psikologis masih dalam batas cirri-ciri pertumbuhan dan perkembangan sebagai akibat adanya perubahan fisik dan psikis, dan dapat diterima sepanjang tidak merugikan dirinya sendiri dan masyarakat sekitarnya.
b.      Tingkah laku bermaslah taraf  menengah
Arti tingkah laku berasalah taraf menengah disini adalah tingkah laku remaja yang secara psikologis masih merupakan akibat dari adanya perubahan-perubahan fisik dan psikis dalam pertumbuhan dan perkembangan, namun telah menunjukan tanda-tanda mengarah kepada adanya penyimpangan yang diramalkan dapat merugikan dirinya sendiri dan masyarakat lingkungannya. Tingkah laku bermsalah taraf ini disebut pula sbagai tanda-tanda bahaya atau “dengers signal”.
c.       Tingkah laku bermasalah taraf kuat atau penyimpangan-penyimpangan tingkah laku
Arti tingkah laku bermasalah taraf kuat ini dapat dilihat dari segi remaja iu sendiri yang terpadukan dengan tinjauan masyarakat. Tingkah laku bermasalah taraf kuat ini adalah tingkah laku yang ditimbulkan oleh adanya rasa tidak enak, rasa tercekam, rasa tertekan, dalam rasa yang kuat sebagai akibat dorongan-dorongan yag saling bertentangan dalam diri seseorang yang sangat kuat pula melahirkan tindakan-tindakan mengundurkan diri secra berlebihan. Tindakantindakan tersebut dari segi masyarakat merupakan tingkah laku social yang menyimpang dari kewajaran, cenderung ada rasa putus asa, tidak aman, atau cenderng untuk merusak, melanggar peraturan-peraturan, menyerang.




3.      Penutup
Terhadap keseluruhan yang dikemukakan dalam buku ini, ada dua hal pokok yang menjadi pengharapan untuk dicapai. Pertama, bagi remaja, jika terlaksananya segala aspek pertumbuhan dan perkembangannya, yang diikuti adanya kecenderungan positif bagi pelaksaan tugas-tugas perkembangannya; terpenuhinya kebutuhan-kebutuhannya, dialaminya penyesuaian pribadiyang memadai, serta dapat mencapai kebahagiaan sekaligus menghindarkan diri dari masalah, maka tiada lain yang terjadi kecuali diperolehnya kematangan psikis dan kematangan social menuju kedewasaannya sebagai manusia ideal. Kedua, bagi pendidik dan pembimbing, dengan memahami banyak  seluk-beluk remaja, maka dapatlah diharapkan bertambahnya jumlah remaja yang berangkat menuju kematangan psikis dan sosialnya.


0 komentar on "Psikologi Remaja"

Posting Komentar


Got My Cursor @ 123Cursors.com
 

Rozaliha Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal